Makalah tentang metabolisme karbohidrat

Proses pemecahan trigliserida ini dinamakan lipolisis. Pada sel eukariotik, glikolisis terjadi di sitoplasma sitosol. Hasil akhir dari pemecahan lipid dari makanan adalah asam lemak dan gliserol.

Dapat diubah menjadi asam amino alanin melalui transaminasi. Akibatnya pada penderita diabetes akan mudah dikenai berbagai komplikasi diantaranya penurunan sistem imune tubuh, kerusakan sistem kardivaskular,kealinan trombosis, inflamasi, dan kerusakan sel-sel endothelia serta kerusakan otak, yang biasanya ditandai dengan penglihatan yang kabur Clement et al, Biosintesis asam amino 4.

Pengantar Ilmu Ternak. Karbohidrat memegang peranan penting dalam sistem biologi khususnya dalam respirasi. Glikogenolisis Proses perubahan glikogen menjadi glukosa. Pemecahan karbohidraat dalam rumen melalui dua tahap, yaitu: Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak.

Metabolisme Protein. Dibandingkan dengan sumber protein lainnya, nilai BV whole eggs adalah yang paling tinggi, yaitu Pada beberapa anak yang masih kecil, masalah ini bisa diatasi dengan memberikan tepung jagung yang tidak dimasak setiap jam. Sehingga rasio keduanya harus seimbang.

Berikut ini tahapan-tahapan dari 1 kali siklus Krebs: Jakarta Tika. Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein.

Dekarboksilasi oksidatif Tahapan dekarboksilasi oksidatif, yaitu tahapan pembentukan CO2 melalui reaksi oksidasi reduksi redoks dengan O2 sebagai penerima elektronnya.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Namun, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena dapat berdampak negatif pada tubuh Anda. Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi, cadangan makanan, dan materi pembangunan pada semua makhluk hidup. Karbohidrat digolongkan menjadi beberapa kelompok, dari yang paling sederhana adalah monosakarida, selanjutnya disakarida yang mempunyai dua molekul monosakarida, serta polisakarida yang terbentuk dari banyak monosakarida.

Pati sediki sekali larut dalam air dingin, tetapi jika dipanaskan dengan air, butir-butir zat pati tersebut berkembang menjadi sebuah gel kanji dan pada pemanasan selanjutnya yang disertai cukup air menghasilkan koloid.

Monosakarida golongan aldosa memiliki gugus karbonil yang terletak pada ujung rantai karbon, jika gugus karbonil berada pada posisi lain, disebut ketosa.

Sekitar 1 dari Kedua rantai ini dihubungkan oleh adanya dua buah rantai disulfida Granner, Proses pembentukan ATP inilah yang disebut fosforilasi.

Jurnal Doc : makalah karbohidrat loading

Hal ini diperlihatkan dari kemampuan sel-sel epitel untuk menyerap secara selektif zat-zat seperti glukosa, galaktosa dan fruktosa dalam konsentrasi yang tidak sama. Di dalam saluran pencernaan itu, makanan dipecah menjadi bahan dasar dari makanan tersebut.

Akibatnya kelebihan glukosa tersebut dikeluarkan melalui urine. Dasar- Dasar Biokimia. Hasil ini berbeda dengan respirasi pada organism prokariotik. Sementara itu, hampir semua organisme heterotroftermasuk manusiabenar-benar bergantung pada organisme autotrof untuk mendapatkan makanan.

Metabolisme karbohidrat dan diabetes mellitus adalah dua mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Pentosa dapat dihasilkan melalui hidrolisis pentosan yang terdapat dalam kayu, janggel jagung, kulit oil, jerami.

Sedangkan di otot bertujuan: Selanjutnya atom karbon nomor 1 pada glukosa berikatan dengan atom karbon 2 ada fruktosa. Apa yang dimaksud dengan metabolisme? Polisakarida Polisakarida merupakan gula yang tersusun atas banyak monosakarida. Enzim fosfoenolpiruvat karboksikinase mengkatalisis tahap yang membatasi kecepatan reaksi dalam glukoneogenesis.

HDL bertugas membuang kelebihan kolesterol dari dalam tubuh.

Makalah tentang Makromolekul (Karbohidrat, Protein dan Lemak)

Monosakarida, khususnya glukosamerupakan nutrien utama sel.Metabolisme karbohidrat adalah proses yang mencakup sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) molekul organik kompleks.

Proses metabolisme karbohidrat terdiri atas tiga tahap yaitu tahap glikolisis, dekarboksiasi oksidatif, dan siklus asam sitrat (siklus kreb’s).Author: Bipolpa. Karbohidrat, protein dan lemak merupakan pembahasan yang amat penting dalam ilmu kimia.

Dimana melalui makalah ini, saya berusaha memperjels lagi tentang hal-hal yang menyangkut karbohidrat, protein dan lemak. ü Bila gangguan metabolisme karbohidrat terlalu lama → hiperglikemik menahun, pada otot, hati dan jantung terjadi difisiensi.

MAKALAH METABOLISME KARBOHIDRAT

ü Lemak dimobilisasi sebagai sumber tenaga →lemak dalam darah bertambah. makalah metabolisme karbohidrat Setelah proses penyerapan melalui dinding usus halus, sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesi menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2 O, atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukannya.

Metabolisme karbohidrat ini sendiri merupakan proses menguraian dan pembakaran karbohidrat menjadi beberapa bagian agar dapat digunakan dalam tubuh sehingga bisa menjadi sumber energi.

Oleh sebab itu proses metabolisme dalam tubuh patut kita ketahui dan kita pelajari. Hal inilah yang mendorong kami selaku penulis untuk menyusun sebuah makalah dengan judul: Metabolisme Karbohidrat. Dimana Author: KAMARUDDIN.

Metabolisme karbohidrat dan diabetes mellitus adalah dua mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dan diabetes mellitus dijelaskan oleh keberadaan hormon insulin. Diabetes mellitus adalah gangguan metabolisme yang secara genetis dan klinis termasuk heterogen dengan menifestasi berupa hilangnya toleransi karbohidrat.

Jika telah berkembang penuh Author: Sophia Nirmalida robadarocker.com

Makalah tentang metabolisme karbohidrat
Rated 5/5 based on 25 review